PT Wahana Kendali Mutu

Inovasi Indonesia Dominasi Penghargaan Kategori Tertinggi, Best Innovation dan Best Presentation  di ajang IQPC 2024

Penulis : Suradi-AMMPI

Perjalanan dan perjuangan panjang. Alhamdulillah melalui perjalanan dan perjuangan panjang akhirnya  delegasi Indonesia yang terdiri dari 70 tim, 246 peserta dari 25 perusahaan besar BUMN dan Swasta dapat mengharumkan nama Indonesia memperoleh penghargaan kategori Excellence, Best Presentation dan Best Innovation  di ajang International Quality Productivity Convention  (IQPC)  2024 yang diselenggarakan  pada 9 sampai dengan 12 September 2024 di The Manila Hotel  Philippine.

Acara tersebut diikuti oleh beberapa negara antara lain Philippine, Malaysia, Thailand, Singapore, Nepal dan Indonesia dengan jumlah tim kurang lebih 100 innovation &  improvement teams dengan  total peserta yang hadir lebih dari  500 orang. Tahun ini Indonesia mengirimkan peserta tim terbanyak yaitu sebanyak 70 tim yang berasal dari berbagai perusahaan yang berkomitmen dan berkonsistensi tinggi dalam menata kelola inovasi.  

Lebih kenal International Quality & Productivity Convention (IQPC).  International Quality & Productivity Convention (IQPC) adalah ajang bagi organisasi nasional dan  internasional, universitas dan organisasi nirlaba untuk menunjukkan, mempromosikan kesuksesan dan bertukar pengalaman dalam meningkatkan Mutu & Produktivitas, secara individu maupun kelompok. Penyelenggaraan IQPC pertama kali diprakarsai oleh Indonesia Quality & Productivity Management Association (IQPMA) bekerja sama dengan Wahana Kendali Mutu (WKM) sejak 2019 dan dilanjutkan 2022  bertempat di Bali, 2023 diselenggarakan di Kuala Lumpur Malaysia kemudian pada 2024 ini di Manila Philippine.   

Hadir pada IQPC 2024 sebagai koordinator delegasi Indonesia : Damayanti, Liza Delfitri, Indah Budiwati, Salsha Meidi Aviva dan Gagas Ananta Mochammad. Sebagaii juri : Suradi, Budihartono, Sih Anggoro dan Mochammad Iqbal. Sebagai moderator Arief Chaeriono. Sebagai narasumber atau pembicara Indonesia Agung Yunanto. Untuk kelancaran pelaksanaan agenda dibantu oleh beberapa orang sebagai Pic Travel (Roby Latif dan tim).

Antara kompetisi dan sharing informasi. Ajang ini tidak sekedar melaksanakan kompetisi tim inovasi  tetapi juga mendapatkan pengalaman terbaik dari para pembicara atau narasumber  yang berpengalaman  memiliki jam terbang tinggi dan memiliki berbagai success story dalam membangun inovasi di perusahaanya. Agendanya dikemas dalam keynote speaker, panel discussion dan sharing session.

“Inspiring tomorrow’s leaders to create meaningful change” oleh Francis Kong (Entrepreneur, Columnist, Broadcaster, Business consultant, Best seller author & International inspirational speaker).  

Diskusi panel dengan 4 narasumber  sebagai berikut :

Harnek Singh : Academician, Internationl Academy for Quality, Past President Asia Pasific Quality Organization,

Agung Yunanto : Expert Council Member Indonesia Quality & Productivity Management Association,

Lilian Salonga : Director, Bureau of Competitve Development Department of Trade & Industry,

Michelle Alarcon : President, Analytics & Artificial Intelligence Association of the Philippine).

Sharing session oleh 4 narasumber dengan waktu bersamaan secara paralel sebagai berikut :

Stream A : Alvin Villegas (President & Founder, Six Sigma Belt Guru Inc : “The Two A’S in Lean Sigma – Agility And AI”.

Stream B : Jeff Mejia – Founder and Managing Cosultant Mejia Strategic Solution Inc “Human Centered Design Thinking at The Realm of Digitalization and AI”.

Stream C : Jose Luis Narvaez – Manufacturing Director, Unilab, Inc PSQ VO for Business Intelligence, Benchmarking & Innovation “Lean Management Principle”.

Stream D : Warren Enteria – Former VP For Innovation and Ai, PJ Lhuiller, Inc and Former PSQ President “Everyday Innovation Through No Code Automation”.

dan pameran beberapa perusahaan dan pelaku ekonomi setempat di Manila - Philippine.

Sebagai penyelenggara IQPC 2024 kali ini adalah Philippine Society for Quality (PSQ) dan  mendapatkan dukungan dari IQPMA dan WKM. Sebagai Chair IQPC 2024 Competition adalah Jubie S. Tamayo dan Chair IQPC 2024 Overall Program Engr, Angelica C. Fraginal.  Tema sentral “Adapting to the Future of Work : Human Centric Approaches for Sustained Success in a Changing Work Environment”.

Berinovasi dan  Berprestasi. Berbagai tema inovasi banyak ditampilkan dalam ajang IQPC 2024 ini antara lain peningkatan kualitas operasional dan layanan, efisiensi biaya penggunaan sumber daya, percepatan operasional dan layanan di era digital, jaminan keselamatan dan kesehatan kerja, ramah terhadap lingkungan (green productivity), pengamanan informasi di era teknologi informasi, pertanggungjawab sosial terhadap masyarakat sekitarnya hingga penguatan moral kerja para anggota tim bahkan peningkatan pendapatan perusahaan.

Dari aspek proses para inovator yang menjadi duta perusahaan dan duta bangsa ini sangat  berkompeten menampikan metodologi pemecahan masalah yang berbasis pada siklus Plan Do Check Action (PDCA) kemudian disusun dalam project report secara  sistematis, berdaya tarik dan komperhensif kemudian disajikan dalam presentasi dengan kemampuan communication skill dan keterlibatan yang luar biasa dalam bahasa Inggris. Sehingga pada aspek result atau hasilnya memberikan benefit  dan value added bagi anggota tim inovator, para stakeholders baik internal maupun eksternal perusahaan dan bahkan bagi  bangsa Indonesia.

Para juri IQPC 2024 yang terdiri dari Indonesia dan Phillppine yang terbagi dalam 4 kelompok atau stream mulai Stream A, B, C dan D sepakat mengakui bahwa para peserta IQPC 2024 di Manila ini merupakan best of the best nya dari perusahaan negara masing-masing dan secara cascading mulai dari seleksi intensif internal perusahaan kemudian mengikuti jenjang kompetisi tingkat nasional yaitu Temu Karya Mutu dan Produktivitas Nasional (TKMPN) pada tahun sebelumnya,  dan  memperoleh prestasi yang ekselen sesuai dengan kebijakan perusahaan yang bersangkutan.

Kriteria penilaian yang digunakan juri terdiri dari 8 assessment items yaitu Porject selection (15), Project analysis (15), Innovation development (10), Innovation implementation (10), Result impact (15), Sustainability & growth (15), Project report (10) dan Presentation (10) dengan total score maksimum 100 point. Adapun award category terdiri dari 3 kategori yaitu Excellent (90-100 points), Outstanding (80-89 points) dan Admirable (70-79 points).

Secara umum para inovator dari Indonesia di ajang IQPC 2024 di Manila ini telah menunjukkan ketrampilan tinggi dalam  berpresentasi dan tanya jawab meski dalam bahasa Inggris namun tetap semangat dan tampil prima serta penuh percaya diri untuk memberikan yang terbaik, Sebagai dampak positif atas kerja cerdas dan tuntas serta extra effort maka sudah sewajarnya meraih prestasi   dengan kategori Excellent yang merupakan penghargaan tertinggi di ajang IQPC setelah kategori Admirable dan Outstanding, Best Innovation dan Best Presentation.

Selamat dan sukses kepada para inovator Indonesia yang berkomitmen dan berdedikasi tinggi dalam berinovasi sebagai bukti kemampuan anak ibu pertiwi  di kancah internasional melalui ajang IQPC 2024. Bila tuan ke Manila jangan lupa belanja di Kultura. Kita semua sungguh berbahagia, inovasi Indonesia memang luar biasa.  Sampai jumpa IQPC 2026 di Bangkok Thailand. Salam inovasi. Salam mutu dan produktivitas.

Tags :
Share This :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Featured News

Category

Get a Promo and Keep Updated