I. PENDAHULUAN

Puji syukur kepada Tuhan YME bahwa pelaksanaan INDONESIAN CONFERENCE & COMPETITION OCCUPATIONAL SAFETY & HEALTH 2022, yang dilaksanakan oleh LPSDM PRIMA KARYA bekerjasama dengan WAHANA KENDALI MUTU (WKM) yang didukung oleh Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia dengan Tema “Penerapan budaya K3L pada setiap kegiatan usaha guna mendukung perlindungan tenaga kerja di era digitalisasi dan perubahan iklim (climate change)” dapat berjalan dengan baik sesuai rencana pada tanggal 21 – 23 Juni 2022 di Bandung.

ICC-OSH merupakan acara kedua yang diselenggarakan tahun ini dalam rangka mendukung Bulan K3 Tahun 2022 dengan tema “PENERAPAN BUDAYA K3 PADA SETIAP KEGIATAN USAHA GUNA MENDUKUNG PERLINDUNGAN TENAGA KERJA DI ERA DIGITALISASI” serta mewujudkan “K3 UNGGUL BUMI TERSELAMATKAN”, ICC-OSH dilaksanakan untuk berbagi pengalaman Praktisi Perusahaan dalam Penerapan Sistem Manajemen SMK3 sekaligus sebagai ajang mendemontrasikan keberhasilan keunggulan dalam penerapan SMK3 di Perusahaan BUMN-BUMD dan Swasta (PMA & PDMN).

Agenda ICC-OSH yang berlangsung selama 2 hari ini dibuka oleh Direktur Jenderal Pembinaan Pengawasan Ketenagakerjaan dan K3 yang diwakili oleh Direktur Bina Kelembagaan Keselamatan dan Kesehatan Kerja, Sambutan dari Ketua Prima Karya (Prika), Sambutan dari Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov Jawa Barat dan menghadirkan 1 Orang Keynote Speaker, 3 Orang Pembicara Diskusi Panel, 3 Orang Pembicara Forum Manajemen Norma K3, dan menampilkan 24 Tim Kompetisi K3. Tahun ini ICC-OSH dilaksanakan secara offline dan animo peserta cukup tinggi menghadiri acara ICC-OSH hal ini terlihat dari jumlah Peserta yang terdaftar kurang lebih sebanyak 160 peserta dari 25 Perusahaan.

Penerapan K3 pada Era Revolusi Industri 4.0 masih menghadapi banyak tantangan yang memiliki pengaruh besar di sektor ekonomi, karena erat kaitannya dengan dunia kerja/industry, termasuk kebijakan dibidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang harus diterapkan dalam suatu manajemen perusahaan dan melalui acara ini kami berharap akan menjawab tantangan diatas.

Globalisasi perdagangan saat ini memberikan dampak persaingan sangat ketat dalam segala aspek ketenagakerjaan, salah satunya adalah mempersyaratkan adanya Perlindungan Atas Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), sementara Penerapan K3 pada Era Revolusi Indsutri 4.0 masih menghadapi banyak tantangan yang memiliki pengaruh besar di sector ekonomi, karena erat kaitannya dengan dunia kerja/industry, termasuk kebijakan dibidang Keselamatan dan Kesehatan Kerja yang harus diterapkan dalam suatu manajemen perusahaan yaitu : Pertama ; kesiapan tenaga kerja Indonesia dalam menghadapi jenis pekerjaan baru yang menggunakan Teknologi Digital yang semakin canggih akan timbul potensi bahaya baru yang perlu strategi pengendalian. Kedua adalah penerapan Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja (SMK3) ditempat kerja yang berkesinambungan agar tidak terjadi kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja serta untuk meningkatkan produktivitas kerja.

Dalam perkembangan lain kita juga melihat terjadinya Perubahan Iklim (Climate Change) yang dapat berdampak kepada Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) dimana climate change adalah sebuah perubahan terhadap pola cuaca dan suhu dalam durasi waktu yang lama dan selama ini menjadi iklim yang khas di tempat tersebut. Sedangkan jika kita lihat dari lokasinya, climate change bisa merujuk pada suatu lokasi saja, atau bahkan secara dunia dimana faktor penyebabnya antara lain Emisi yang meningkat, Pemanasan Global dan Efek Rumah Kaca dan dengan kondisi yang dapat mempengaruhi pelaksanaan K3 maka kami usulkan kepada Bapak Direktur suatu tagline baru “K3 Unggul – Bumi Terselamatkan” dan kita juga mendukung G20 untuk bekerja sama, pulih bersama, tumbuh lebih kuat dan berkelanjutan bersama. Recover Together, Recover Stronger!

Pada kesempatan ini, perkenankanlah kami menyampaikan Terimakasih kepada Pemerintah, Perusahaan dan Lembaga atas dukungan dan kepercayaan yang di berikan. Sebagai informasi berikut kami lampirkan laporan penyelenggaraan. Kami atas nama Panitia telah berusaha semaksimal mungkin untuk mensukseskan acara tersebut, namun kami menyadari masih ada kekurangan yang menjadi perhatian untuk perbaikan dimasa mendatang.

II. SASARAN

     •  Meningkatkan Penerapan SMK3 di Perusahaan
     •  Meningkatkan pentingnya produktivitas dan kesehatan di perusahaan
     •  Meningkatkan kualitas SDM di bidang K3
     •  Mengurangi kerugian akibat kecelakaan kerja dan Penyakit Akibat Kerja
     •  Meningkatkan daya saing dalam pasar global

III. PENYELENGGARAAN ICC-OSH 2022

INDONESIAN CONFERENCE & COMPETITION OCCUPATIONAL SAFETY & HEALTH 2022 pada tanggal 21–23 Juni 2022 di Bandung kegiatan–kegiatan sebagai berikut:

 

DISKUSI PANEL DAN FORUM MANAJEMEN K3

 

 

 

IV. PESERTA ICC-OSH 2022 TERDIRI DARI :

1. Total Perusahaan : 25 Perusahaan
2. Jumlah Tim : 24 Tim

1. Ketua Juri, Sekjur & Juri : 8 Orang
2. Pembicara : 7 Orang
3. Moderator : 2 Orang
4. Panitia : 28 Orang
5. Tamu Undangan : 5 Orang
6. Peserta : 119 Orang

Total Peserta + Tamu Undangan + Panitia Pendukung : 160 Orang

Daftar Perusahaan ICC-OSH 2022
DAFTAR NAMA PERUSAHAAN :

1. PT SENTRA USAHATAMA JAYA
2. PT DHL Suply Chain Indonesia
3. PT JASA MARGA TBK
4. PT Tower Bersama Infrastructure Tbk
5. PT PUPUK KALTIM
6. PT PUSRI PALEMBANG
7. PT PETROKIMIA GRESIK
8. PT ASTRA HONDA MOTOR
9. TRIPUTRA INVESTINDO ARYA
10. PT KIRANA PERMATA
11. PT KARINI UTAMA
12. PT KIRANA MUSI PERSADA
13. PT YUTAKA MANUFACTURING INDONESIA
14. PT PUPUK KUJANG CIKAMPEK
15. PT PUPUK INDONESIA UTILITAS
16. PT SEMEN TONASA
17. PT WIJAYA KARYA (PERSERO) TBK
18. PT SARANDI KARYA NUGRAHA
19. BPJS KETENAGAKERJAAN

JADWAL PRESENTASI FORUM KOMPETISI ICC-OSH 2022

 

 

V. PEROLEHAN PERINGKAT PESERTA ICC-OSH 2022

A. KATEGORI PESERTA TIM PENYAJI ICC-OSH 2022
a. Five Stars : 0 Tim
b. Four Stars : 13 Tim
c. Three Stars : 10 Tim
d. Two Stars : 1 Tim
e. One Star : 0 Tim

B. PERINGKAT TIM ICC-OSH 2022

 

VI. LOMBA CEPAT TEPAT NORMA K3
Diikuti oleh bebrapa peserta dari berbagai perusahaan melalui aplikasi Quizizz dengan pertanyaan – pertanyaan yang meliputi :
1. Perkembangan K3
2. Pengetahuan Umum

DAFTAR PEMENANG KUIZ :
a. Juara 1 : PT Wijaya Karya
b. Juara 2 : PT Yutaka Manufacturing Indonesia
c. Juara 3 : PT DHL
d. Juara Harapan 1 : PT Jasa Marga
e. Juara Harapan 2 : PT SUJ

VII. KESIMPULAN DAN PENUTUPAN

ICC-OSH adalah acara yang mendemontrasikan keunggulan dalam penerapan Sistem Manajemen K3 di perusahaan BUMN/BUMD dan Swasta (PMA & PMDN) dengan tujuan Meningkatkan produktivitas perusahaan, Meningkatkan kualitas SDM di bidang K3, Mengurangi kerugian akibat Kecelakaan Kerja dan Penyakit Akibat Kerja, Meningkatkan daya saing dalam pasar global dan Mendorong Peran Akademisi dan Media.

Secara umum tujuan ICC-OSH dapat terlaksana sesuai dengan yang direncanakan dan semangat peserta luar biasa dapat hadir penuh mengikuti acara Diskusi Panel, Forum Manajemen K3 dan seluruh Peserta Tim Kompetisi dapat mempresentasikan karya-karya unggulan serta mampu menjawab pertanyaan yang disampaikan oleh Tim Juri.

Materi yang disampaikan para Praktisi K3 sangat bagus sesuai dengan kondisi saat ini, dapat terlihat dari pengisian evaluasi Pembicara di Panel Diskusi, Forum Manajemen dan Pelaksanaan Kompetisi K3.

Beberapa kesimpulan dari penyelenggaraan acara ICC OSH sebagai berikut :

  1. Mendorong semua pihak untuk MEMPROMOSIKAN PROGRAM K3 salah satu program prioritas bidang K3 tahun 2020 – 2024 dari Kementerian Ketenagakerjaan.
  2. Meningkatkan perlindungan pekerja dan keberlangsungan usaha untuk mendorong produktivitas kerja dan produktivitas perusahaan.
  3. Meningkatkan dan memperkuat INOVASI BARU pelaksanaan K3 ditengah perubahan masyarakat dalam era Revolusi Industri 4.0.
  4. Mempercepat Budaya K3 di masyarakat dengan menerapkan K3, sesuai dengan tema bulan K3 2022 “PENERAPAN BUDAYA K3 PADA SETIAP KEGIATAN USAHA GUNA MENDUKUNG PERLINDUNGAN TENAGA KERJA DI ERA DIGITALISASI”
  5. Penerapan SMK3 sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja dapat terwujud serta peningkatan produktivitas perusahaan akan tercapai.
  6. Menambah informasi, wawasan dan pengalaman dibidang K3 bagi peserta dalam membantu perbaikan berkelanjutan dari aspek operasional maupun service K3 diperusahaan yang diberikan oleh para steakholders.
  7. Memberikan kesempatan kepada Pejuang K3 untuk terus berkarya dan melakukan Inovasi dalam penerapan K3 di ICC-OSH.

Semoga hasil dari ICC OSH dapat memberikan manfaat untuk menambah pengetahuan dan berbagi pengalaman Penerapan Manajamen SMK3 dan menumbukan inovasi K3 di Perusahaan. Acara ICC-OSH akan terus dilaksanakan secara konsisten setiap tahun, dukungan dari Pemerintah, Perusahaan sangat di perlukan dalam rangka memperkuat budaya K3.

Demikian laporan ini kami sampaikan, atas perhatian, partisipasi dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Terima kasih
K3 UNGGUL BUMI TERSELAMATKAN!

KEGIATAN MENDATANG